Bagaimana Memilih Merek Printer Inkjet Berdasarkan
By: Date: June 17, 2020 Categories: Printer
Bagaimana Memilih Merek Printer Inkjet Berdasarkan

Memilih printer inkjet adalah bukan hal yang sulit, tapi kami juga perlu memperhatikan beberapa persyaratan yang harus dimiliki oleh printer. Anda perlu mempertimbangkan harga, kualitas hasil cetakan, ketik koneksi printer, dan lain-lain.

Bagaimana Memilih Merek Printer Inkjet Berdasarkan

Bagaimana Memilih Merek Printer Inkjet Berdasarkan

Bagaimana Memilih Merek Printer Inkjet Berdasarkan (2020)

Memilih berdasarkan jenis tinta

Sebagian besar printer inkjet menggunakan dua jenis tinta, yang merupakan tinta berbasis dye-dan pigmen tinta.

tinta dye berbasis paling banyak digunakan di printer. tinta berbasis air sangat meresap ke dalam serat kertas dan mengambil sedikit lebih lama untuk kering. tinta warna yang dihasilkan terang dan kaya, ideal untuk mencetak foto. Namun, tinta ini tidak tahan air, karena ketika terkena air akan memudar cetak.

Kemudian, untuk warna berasal dari bubuk tinta pigmen yang tidak larut dalam air. Tinta ini tidak meresap ke dalam serat kertas, tetapi hanya mewarnai di permukaan. Cetakan dengan tinta pigmen lebih tahan lama, tidak mudah memudar jika terkena air dan tidak memudar bila terkena cahaya. Hasil cetak juga lebih jelas dan tajam dengan warna yang lebih solid. Sangat cocok untuk mencetak dokumen.

Pilih kode warna yang sesuai

Setiap produsen printer inkjet membuat printer dengan formulasi tinta yang berbeda, dengan kode warna yang berbeda. Anda tidak dapat menggunakan tinta Canon pada printer Epson, karena dapat menyebabkan merusak printer Anda. tinta yang berbeda menghasilkan cetakan yang berbeda, dengan karakteristik tinta yang berbeda dan penggunaan jumlah yang berbeda dari tinta.

Dalam tinta printer inkjet, ada empat warna dasar, yaitu biru (cyan), magenta (magenta), kuning (yellow), dan hitam (hitam). Warna lain yang diproduksi dengan mencampur empat warna dasar. Ada juga produsen yang menambahkan dua warna lainnya biru muda (cyan cahaya) dan magenta ringan (magenta cahaya). Output printer berwarna dengan 6 warna akan lebih indah dari printer dengan 4 warna, tapi harga akan lebih mahal.

Pilih dengan ukuran resolusi

Resolusi mesin printer diwakili oleh dpi (dots per inch), yang merupakan jumlah maksimum titik warna dalam satu inci. menunjukkan resolusi tinggi bagaimana jelas dan kelancaran cetakan. mesin printer menggunakan nomor (numerik) untuk menerjemahkan gambar ke dalam cetakan.

Ketika memilih printer, Anda tidak perlu terlalu khawatir dengan besarnya jumlah resolusi pada mesin. Output lebih ditentukan oleh jumlah warna tinta, jenis tinta, dan jenis kertas.

Memilih sesuai dengan anggaran

printer inkjet Harga biasanya dipengaruhi oleh ukuran kapasitas tinta. printer inkjet dengan kapasitas tinta yang lebih besar akan memiliki harga yang lebih tinggi. Jika Anda sering mencetak dalam jumlah besar atau menggunakan printer inkjet untuk bisnis Anda, Anda harus memilih printer dengan kapasitas tinta yang besar. Selain itu, kecepatan cetak dan jumlah jenis tinta juga akan mempengaruhi harga printer.

Pilih kecepatan cetak yang diinginkan

Salah satu pertimbangan ketika memilih sebuah printer inkjet adalah kecepatan saat mencetak. Anda dapat membandingkan beberapa jenis printer dengan waktu ketika mencetak foto dengan ukuran yang sama. Biasanya kecepatan cetak berbanding lurus dengan harga printer inkjet yang mencetak lebih cepat akan lebih mahal daripada printer inkjet yang mencetak lebih lambat.

Pilih metode koneksi printer

Di masa lalu, printer terhubung ke komputer atau laptop menggunakan kabel. Dengan kemajuan teknologi, sekarang kita tidak hanya tergantung pada sambungan kabel ketika saya ingin mencetak foto atau dokumen. Saat ini ada teknologi nirkabel yang menghubungkan printer dengan gadget baik melalui Wi-Fi, Bluetooth, atau langsung seperti menggunakan kartu SD.

Koneksi dengan kabel

koneksi kabel dengan metode koneksi yang panjang, menghubungkan komputer atau laptop langsung menggunakan kabel data, kabel USB, atau kabel LAN. Dengan koneksi kabel, kecepatan transfer data dari komputer ke printer akan lebih cepat dan lebih stabil. koneksi kabel sangat aman dan risiko kesalahan sangat sedikit.

koneksi nirkabel

Koneksi nirkabel dapat dibuat dengan menggunakan Wi-Fi dan Bluetooth. Koneksi jenis ini sangat praktis, Anda dapat mencetak foto dan dokumen dari mana saja tanpa terganggu oleh kabel. Koneksi dengan Bluetooth dapat dilakukan dengan jarak yang relatif pendek, sedangkan koneksi Wi-Fi dapat dilakukan dari jarak jauh.

Koneksi dengan printer Wi-Fi memerlukan router yang akan memancarkan frekuensi yang sesuai dengan printer dan gadget. Router ini juga akan dapat menghubungkan printer dengan beberapa gadget sekaligus. Anda dapat mengirim gambar data atau dokumen yang akan dicetak bahkan dari kantor atau tempat lain yang jauh dari printer Anda.

koneksi langsung

Beberapa jenis printer inkjet menyediakan slot untuk kartu memori seperti SD card, kartu mini SD, dan kartu micro SD. koneksi semacam ini lebih praktis daripada koneksi kabel dan Wi-Fi atau Bluetooth. Anda hanya perlu memasukkan kartu memori ke dalam slot dan langsung mencetak foto atau dokumen yang diperlukan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *